Pengembangan Ide - Simulasi dan Komunikasi Digital
“Simulasi dan Komunikasi Digital”
"Daftar Isi"
Kata
Pengantar.....
Karakteristik Buku.....
Daftar
Isi.....
Bab 1 : Pengembangan Ide
Pendahuluan
A.
Konsep Ide dalam
Simulasi dan Komunikasi Digital…….
B.
Algoritme….
C.
Memetakan Ide….
D.
Membuat Animasi Bola
Pantul…
Pengembangan Ide
A.Konsep Ide dalam Simulasi dan
Komunikasi Digital
Ide memiliki arti
imajinasi atau rancangan solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi sebagai
hasil pemikiran baik yang bersifat spontan atau melalui proses pemikiran yang
lama. Simulasi dapat dikatakan
sebagai metode percobaan untuk memecahkan masalah dengan meniru media pendukung
seperti audio,video untuk mendeskripsikan keadaan sebenarnya. Adapun Komunikasi yang berarti proses
pengiriman dan penerimaan data informasi antara dua atau lebih melalui media
transmisi tertentu. Kemudian adapun Digital
sebenarnya berarti perhitungan menggunakan jari tangan berjumlah sepuluh ,
dan kebalikan dari digital adalah Analog
, yaitu representasi sinyal dalam bentuk gelombang sinusoid secara lanjut
dengan tiga variabel,yaitu amplitudo, frekuensi, dan phase.
Konsep membuat ide dalam simulasi dan komunikasi digital adalah cara membuat komunikasi
antarpengguna dengan pekerjaaan keseharian menjadi lebih mudah menggunakan
perangkat digital dalam bentuk simulasi.
B.Algoritme
Algoritme adalah prosedur
langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan
data, dan penalaran otomatis.
Algoritme adalah metode efektif diekspresikan
sebagai rangkaian terbatas dari
instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung
sebuah fungsi. Dimulai dari sebuah
kondisi awal dan input awal (mungkin kosong),
instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang,
bila dieksekusi, diproses lewat
sejumlah urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, yang
pada akhirnya menghasilkan "keluaran" dan berhenti di
kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak
harus deterministik; beberapa
algoritme, dikenal dengan algoritme pengacakan,
menggunakan masukan acak.
Walaupun algorism-nya al-Khawarizmi dirujuk
sebagai aturan-aturan melakukan aritmetika menggunakan bilangan Hindu-Arab dan
solusi sistematis dan persamaan
kuadrat, sebagian formalisasi yang nantinya menjadi algoritme modern
dimulai dengan usaha untuk memecahkan permasalahan keputusan (Entscheidungsproblem)
yang diajukan oleh David Hilbert pada
tahun 1928. Formalisasi selanjutnya dilihat sebagai usaha untuk menentukan
"penghitungan efektif" atau
"metode efektif"; formalisasi tersebut mengikutkan Godel-Herbrand-Kleene fungsi
rekursif-nya Kurt Godel - Jacques Herbrand - Stephen Cole Kleene pada
tahun 1930, 1934, dan 1935, kalkulus lambda-nya Alonzo Churchpada
tahun 1936, "Formulasi 1"-nya Emil Post pada
tahun 1936, dan Mesin Turing-nya Alan Turing pada
tahun 1936-7 dan 1939. Dari definisi formal dari algoritme di atas, berkaitan
dengan konsep intuituf, masih tetap ada masalah yang menantang.
C.Memetakan
Ide
Berikut tahapan-tahapan menggali potensi ide dan menerjemahkannya
ke dalam bentuk began secara visual .
1.Memvisualisasikan permasalahan yang dihadapi dan membayangkan
solusi yang dapat ditempuh.
2.Berfikir secara sistematis melalui tahapan seperti berikut :
-Fokuskan beberapa ide
berdasarkan skill
-Tentukan bentuk
rancangan desain dari ide tersebut
Manfaat dalam memetakan ide , yaitu sebagai berikut :
·
Membuat ringkasan terhadap uraian gagasan yang tertuang dalam
lembaran buku
·
Menyinergikan kerja otak kanan dan kiri
·
Memudahkan dalam mengingat hal-hal penting dalam perencanaan
·
Menghemat waktu
·
Memudahkan dalam mengulang ringkasan yang telah dibuat.
Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memetakan ide .
·
Menentukan tema utama yang dijadikan subjek pengembangan peta
·
Identifikasi setiap cabang-cabang yang ada dalam tema tersebut
·
Dari subtema tersebut dapat dikembangkan lagi dengan sub-sub item
yang mungkin muncul sehingga lebih detail.
D.Membuat
Animasi Bola Pantul
Dengan menggunakan
aplikasi greenfoot
1.Merancang algoritme program game
2.Download file Greenfoot v2.4.2 pada alamat url https://www.greenfoot.org/download/files/old/Greenfoot-windows-242.msi.
3.Sebaiknya menggunakan v2.4.2 karena ada sedikit perbedaan
penulisan baris kode dengan v. di atas v2.4.2 yang terakadang tidak berhasil di
compile.
4.Klik Next pada
jendela Greenfoot setup untuk
melanjutkan proses instalasi
5.Tentukan pilihan lingkup instalasi aplikasi , hanya untuk user
yang sedang melakukan instalasi atau dapat diakses seluruh user windows ,
kemudian klik Next.
6.Pada jendela pemilihan Associations
and Shorcuts,biarkan dalam kondisi default ,kemudian pilih Next .
7.Tentukan lokasi penyimpanan folder Greenfoot yang akan diinstal.
Jika tidak melakukan perubahan , klik Next
untuk meneruskan proses instalasi.
8.Klik Install untuk
memulai instalasi .
9.Tunggu sampai proses instalasi selesai , kemudia klik Finish untuk menutup jendela instalasi.
10.Memahami Bahasa pemograman java.
Dan pembuatan nya bisa cari sendiri di google atau di youtube 😊
Comments
Post a Comment